Ikan Arwana Memberi Keberuntungan?

Cerita tentang arwana yang memberikan keberuntungan sebenarnya sudah pernah dipublikasikan oleh sebuah majalah terbitan luar negeri, Tripical Fish Hobbyist Magazine edisi Juli 1985. Disebutkan dalam beritanya bahwa seorang tukang kopi mendadak kaya karena memelihara ikan arwana. Apabila dipertanyakan kepada pemilik arwana di sini, benarkah pernah ada seorang yang memelihara arwana mendadak kaya? Rasanya tidak akan pernah diperoleh anggukan persetujuan bahkan dari masyarakat keturunan tionghoa sendiri.

Memang pernah ada yang mendadak usahanya lancar setelah memelihara ikan ini. Namun ada juga yang mengalami nasib naas setelah mempunyai arwana. Kejadian tersebut pun dianggap sebagai kebetulan belaka.

Akan halnya arwana memang membawa keberuntungan bagi banyak orang mungkin bisa dijelaskan dalam konteks yang berbeda. 

Siapa yang memperoleh keberuntungan dari ikan ini?

1. Di Indonesia, demam arwana diperkirakan dimulai pada tahun 1980 yaitu pada saat keluarnya SK Mentri Pertanian Republik Indonesia. Kala itu, masyarakat lantas tahu kelebihan dan kehebatan arwana baik dari petugas (yang melarangnya) maupun iming-iming perusahaan penangkaran arwana yang menangkap arwana dengan bantuan penduduk asli. Dari para penduduk yang diajak bekerjasama dengan perusahaan penangkar, penjarahan arwana yang dilindungi tersebar luas. Sudah bisa ditebakkalau masyarakat di sekitar sungai banyak yang mendadak kaya dengan usaha penangkapan arwana yang mereka setorkan ke para penampung atau langsung kepada perusahaan penangkaran.

2. Para pedagang ikan hias di Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya dan kota-kota besar lainnyalah yang menikmati keberuntungan dari arwana lantaran animo masyarakat di kota-kota besar tersebut sangat tinggi.

3. Pedagang makanan arwana termasuk mereka yang mencarinya di alam seperti yang telah disebutkan dalam postingan yaitu 12 Jenis Makanan Yang Disukai Arwana.

4. Para pembuat akuarium turut memperoleh bagian yang tidak sedikit dalam upayanya mengadakan akuarium yang asri sebagai tempat tinggal arwana. Kian terkenalnya arwana akuarium pun dibuat dalam berbagai variasi menarik agar lebih cepat terjual, sekalipun dengan dengan harga yang lebih tinggi. Heru Susanto, Panduan memelihara arwana.
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



0 Comment :

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry