12 Jenis Makanan Yang Disukai Arwana

Perawatan arwana baru dapat dikatakan sempurna bila mampu memberinya makan dengan benar. Benar bukan hanya jenis dan banyaknya makanan, tapi menyangkut juga tekhnik pemberiannya. 

Sejak awal arwana harus dilatih dengan penganekaragaman menu. Berikut ini disajikan beragam jenis makanan arwana menurut Heru Susanto  dalam buku "Panduan Memelihara Arwana", sehingga anda bisa memilih yang sesuai.

1. Aneka Ikan Hidup
Makanan yang sering diberikan untuk arwana adalah berbagai jenis ikan hidup. Ikan hias berukuran kecil atau benih ikan konsumsi yang sering diberikan untuk arwana diantaranya guppy dan benih ikan mas.

2. Lipan (kelabang)
Lipan adalah salah satu binatang dari kelas kaki seribu . Konon, kelabang merupakan salah satu makanan yang sangat disukai arwana.

3. Kadal
Kadal yang banyak ditemukan di sawah dan tegalan ini termasuk makanan yang diminati oleh arwana.

4. Jangkrik
Semula jangkrik diburu untuk didengar suaranya, tetapi sekarang menjadi santapan arwana baik jangkrik jantan maupun yang betina.

5. Katak
Jenis makanan lain dari arwana adalah katak. Umumnya pemilik namun jenis ini jarang dijual pedagang. Katak kerap diberikan kepada arwana yang dipelihara di kolam induk maupun kolam pembesaran arwana.

6. Kecoak
Kecoak adalah jenis makanan yang sangat digemari arwana. Namun demikian jenis ini masih banyak yang beranggapan bahwa kecoak adalah binatang yang menjijikan dan tidak sehat. Di luar negeri kecoak justru sudah dibudidayakan oleh para pemilik penangkaran arwana untuk mensuplai pasokan makanan bagi arwana induk, remaja dan burayah.

7. Ulat Hongkong
Ulat hongkong dipakai untuk memberi makan terutama arwana muda atau yang masih burayah. Awalnya ulat hongkong dikenal sebagai makanan burung. Baru kemudian pemilik ikan melirik ulat hongkong sebagai makanan ikan termasuk arwana.

8. Cicak
Cicak merupakan makanan yang disukai arwanan yang dipelihara di akuarium. Dagingnya yang lunak dan posisinya yang selalu mengapung bila dimasukan ke air, menjadikan cicak sebagai makanan yang disukai arwana.

9. Burung Pipit
Burung pipit merupakan makanan untuk arwana yang dipelihara di kolam. Ikan arwana di alam sering menyambar burung pipit yang berenang rendah diatas sungai.

10. Burung Sriti
Burung sriti yang sering menyambar ikan-ikan kecil di sungai atau serangga di permukaan air sering menjadi korban arwana yang tiba-tiba muncul dari dalam air.

11. Kelelawar
Kelelawar termasuk kelas hewan menyusui dan dapat dijumpai di seluruh dunia yang beriklim tropis maupun sedang.

12. Udang Hidup
Udang sungai yang sering ditangkap di sungai, rawa atau danau merupakan makanan yang sangat disukai oleh arwana, terutama arwana yang berukuran kecil. Udang diberikan kepada arwana dalam keadaan hidup sehingga tidak terjadi pembusukan jika terjadi kelebihan pemberian makanan.
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



1 Comment :

yasir mengatakan...

bagus juga nich invonya keren - keren min dengan banyak konsep untuk bisa memelihara ikan arwana

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry