Arwana: Raja Ikan Hias Air Tawar

Mengapa orang sering menyebut Arwana sebagai raja ikan hias air tawar? 

R. Hartono dalam buku Ikan Hias mendefinisikan ikan hias sebagai ikan yang memiliki ciri-ciri seperti bentuk dan warnanya yang indah, perilakunya yang menarik, terdapat keanehan, dan tergolong langka.


Kebanyakan dari ikan hias hanya memiliki satu atau dua kriteria dari kelima kriteria tersebut. Seperti ikan maskoki, ikan hias ini dinilai menarik karena mempunyai bentuk tubuh unik dan warna yang atraktif. Ikan mas koki tidak termasuk ikan langka karena petani ikan hias atau bahkan hobiis bisa menernakan ikan jenis ini. Hal ini tentu berbeda dengan  Arwana. 

Berikut adalah beberapa keunggulan Arwana dibanding ikan hias lain:
a. Memiliki bentuk badan yang kekar. Setiap bagian tubuhnya bahkan ujung siripnya memiliki keindahan tersendiri dan menjadi kriteria yang tak boleh dilewatkan.
b. Memiliki warna yang indah. Bukan saja arwana super red tetapi juga arwana lainnya menjadi kriteria yang menentukan nilai seekor arwana.
c. Ikan hias ini hanya hidup dibeberapa tempat saja di dunia (tergolong langka)
d. Arwana adalah ikan yang berumur panjang yaitu mencapai 60-70 tahun jika dirawat dalam kolam dan dapat mencapai 25 tahun jika dipelihara dalam akuarium. cat: hanya ikan koi sesama ikan hias yang dapat menyamai umur arwana.

Dengan keunggulan yang ada, tentu dalam perawatannyapun akan berbeda pula dengan merawat ikan hias lain. Mungkin bagi kebanyakan orang merawat arwana adalah kegiatan yang rumit, namun bagi seorang hobiis tentu kegiatan ini merupakan hal yang sangat menyenangkan. 

sumber bacaan: Heru Susanto - Panduan Memelihara Arwana.
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



0 Comment :

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry