Tips Agar Mudah Menulis Artikel

Tips Agar Mudah Menulis Artikel - Menulis artikel bagi sebagian orang merupakan hal yang mudah, namun bagi yang lain menulis merupakan pekerjaan yang sulit karena belum terbiasa atau belum memiliki keahlian dalam bidang ini. Untuk mempermudah pekerjaan anda dalam menulis, berikut adalah tips yang mungkin bisa membantu: 
 
A. Perencanaan Membuat Artikel

1. Menentukan Tema dan Topik Artikel
Sebelum melakukan penulisan, setiap orang pasti sudah memikirkan apa yang ingin ditulisnya. Tentu hal-hal yang akan ditulis berhubungan dengan segala yang telah diketahui. Jika hal tersebut merupakan hal yang baru, maka setidaknya ia akan mengaitkan hal yang ingin ditulis dan hal yang telah diketahuinya atau ia akan mengumpulkan bahan-bahan informasi yang berhubungan dengan sesuatu yang ingin ditulis. Apa yang ingin ditulis sebelum seseorang menulis artikel merupakan sesuatu yang menjadi dasar atau pedoman dalam menulis atau mengembangkan artikelnya. Sesuatu yang ingin ditulis itu merupakan sebuah ide atau gagasan yang merupakan pijakan dasar mengenai apa artikel tersebut. Hal yang menjadi dasar artikel itu disebut dengan tema.

Tema memang merupakan unsur terpenting yang harus ada sebelum menulis artikel. Dalam banyak teori, menentukan tema artikel merupakan langkah pertama dalam merencanakan membuat artikel. Setelah menentukan hal yang ingin ditulis, langkah selanjutnya adalah memerinci tema artikel menjadi pokok-pokok pikiran yang lebih khusus. Pokok-pokok pikiran ini menjabarkan tema artikel. Pokok-pokok pikiran itu disebut dengan topik artikel atau gagasan pokok. Topik-topik ini disusun dan dirumuskan untuk masing-masing dikembangkan menjadi paragraf-paragraf. Topik yang masih umum dapat dijabarkan lebih terperinci lagi menjadi subtopik. Semua unsur itu disusun secara vertikal. Susunan ini disebut dengan kerangka artikel.

Contoh Kerangka Artikel :

Menurunkan alexa rank
→ Alexa rank naik setiap hari
→ Penyebab naiknya alexa rank
a. tidak pernah update artikel
b. update artikel tidak teratur
→ Upaya mengatasi alexa rank yang gemuk
a. instal toolbar alexa rank
b. update artikel sesering mungkin
c. pasang tool alexa rank

2. Tujuan Menulis Artikel
Selain menetapkan tema dan menyusun topik artikel, penulis juga harus merumuskan tujuan. Tujuan ini merupakan maksud penulis dalam membuat artikel.

3. Judul Artikel
Setiap tulisan atau artikel selalu mempunyai judul. Judul di dalam sebuah artikel merupakan unsur yang penting. Seringkali seorang ingin membaca sebuah artikel karena judulnya menarik. Oleh sebab itu, dalam menentukan judul, diusahakan judul artikel enak dibaca, mudah diucapkan, dan mudah diingat. Judul sebuah artikel tidak perlu panjang. Judul yang terlalu panjang membuat pembaca sulit mengingatnya. Judul yang dibuat atau dipilih harus memiliki daya tarik untuk mendorong orang membaca artikel tersebut. Judul dapat berbentuk pertanyaan atau seruan, misalnya:

→ Sudah puaskah dengan alexa rank Anda?
→ Alexa gendut? No Way!

Contoh hubungan antara tema, topik, tujuan, dan judul dalam perencanaan membuat artikel:

Tema : 
Alexa Rank

Topik :
→ Merampingkan alexa rank
Alexa rank sebagai tolok ukur popularitas blog

Judul : 
→ Pengen alexa rank ramping, nulis yuk!
→ Tips merampingkan alexa rank

Tujuan : 
Memotivasi pembaca untuk sering menulis artikel agar alexa rank pada blognya tidak terus membengkak.

B. Pola Pengembangan Artikel
Semua pokok pikiran yang telah ditulis sebagai penjabaran tema dan sesuai dengan tujuan penulisan disusun serta dirumuskan menjadi kerangka artikel. Penyusunan kerangka artikel bertujuan untuk mengorganisasi tiap gagasan pokok, mana yang lebih dahulu dibahas dan mana yang kemudian dan seterusnya.

Dengan susunan kerangka artikel, penulis juga dapat mengevaluasi pokok pikiran atau gagasan yang tidak perlu sehingga harus dihilangkan serta pokok pikiran yang tumpang tindih. Pokok pikiran yang telah disusun harus saling berkaitan sesuai dengan tema yang ditetapkan.

Dari kerangka tersebut, artikel dapat dikembangkan dengan sistematis. Setiap topik atau gagasan pokok yang ada dalam karangan dijabarkan menjadi paragraf. Di dalam paragraf, terdapat satu pokok
pikiran yang tertuang menjadi kalimat utama.

Selamat menulis...
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



0 Comment :

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry