Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur telah dikenal masyarakat dunia. Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di abad ke-9 yang berukuran 123 x 123 meter dan dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, terungkap bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak awal dibangun. Nama Borobudur itu konon artinya adalah sebuah gunung yang berteras-teras (budhara), tapi ada juga yang mengatakan kalau Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi. Candi ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Buddha di kompleksnya.

Bangunan candi Borobudur terdiri dari 10 tingkat punden berundak. Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Ini sesuai dengan mahzab Buddha Mahayana, dimana setiap orang yang ingin mencapai tingkat kesempurnaan sebagai Buddha, mesti melalui setiap tingkatan kehidupan tersebut. Setiap tingkatan memiliki relief-relief indah yang akan terbaca secara runtut bila anda berjalan searah jarum jam (arah kiri dari pintu masuk candi).

Warga di desa-desa sekitar seperti Karanganyar dan Wanurejo, biasa membuat kerajinan atau souvenir sebagai cinderamata. Jika ingin lihat panorama candi Borobudur dengan jelas, pergilah ke puncak Watu Kendil yang tak jauh dari situ.

Fasilitas Objek Wisata Candi Borobudur

Pada area lahan candi Borobudur terdapat sejumlah objek menarik untuk dikunjungi seperti atraksi binatang dan Museum, seperti Museum Karmawibangga dan Museum Samuderaraksa. Sebagai tujuan wisata kelas dunia, komplek Candi Borobudur menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, seperti parkir bis, hotel, restoran, toko Souvenir, mushola, toilet, pusat informasi & telekomunikasi. Untuk mempelajari sejarah lebih dalam, ada baiknya menggunakan jasa touris guide / pemandu wisata yang akan menjelaskan sisi sejarah dan makna arsitektur setiap sudut menarik di dalam komplek candi.

Lokasi : Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.
Waktu berkunjung : setiap hari, mulai pukul 08.00 – 17.00

Sumber: http://www.jogjawae.com/
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



0 Comment :

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry