Enam Pembukuan Yang Perlu Dimiliki Untuk Bisnis Pemula

Enam Pembukuan Yang Perlu Dimiliki Untuk Bisnis Pemula - Pembukuan adalah hal yang wajib dimiliki oleh para pemilik usaha, terlepas dari apapun jenis usaha yang dijalankannya. Selain untuk mempermudah bisnis, pembukuan juga dapat dipergunakan untuk melihat apakah bisnis kita itu berkembang atau tidak.

Manfaat lain dari pembukuan adalah untuk membantu mempermudah pengajuan kredit ke bank bila suatu saat kita memerlukan modal tambahan untuk pengembangan usaha dan yang lainnya.

Untuk pemula ada beberapa poin yang harus dicatat atau dibuat, yakni:
  1. Buku Pengeluaran; segala macam pengeluaran di tulis di buku ini
  2. Buku Pemasukan; segala macam pemasukan di tulis di buku ini
  3. Buku Arus Kas; hal ini sangat penting untuk dicatat agar kita bisa mengetahui saldo akhir yang dimiliki
  4. Buku Catatan Stok; digunakan mengetahui stok barang yang habis dan masih ada
  5. Buku Inventaris Barang; berfungsi untuk bisnis restoran. Catatan ini berguna untuk mengetahui inventaris barang yang kita miliki sejak dari awal usaha. Contoh: piring, sendok yang dimiliki
  6. Buku Laba Rugi; berfungsi untuk membantu dan mengetahui seberapa besar keuntungan atau kerugian usaha yang dijalani selama ini.
Untuk bisnis skala rumahan, buatlah pembukuan sederhana. Tidak terlalu rumit. Yang terpenting adalah pemasukan dan pengeluaran dipastikan tercatat semuanya.
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



0 Comment :

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry