Pages

Pakan Alami dan Buatan untuk Lou Han

Pakan Alami dan Buatan untuk Lou Han - Produk-produk pakan yang ada saat ini sebagian masih bersifat global. Artinya pakan untuk lou han ukuran kecil di bawah 15 cm dengan yang lebih besar di atasnya hampir sama saja komposisinya. Hanya ukuran yang membedakan karena memang lebar bukaan mulut ikan pasti berbeda. Padahal sebenarnya tidak saja bukaan mulut yang sudah beda tetapi kebutuhan nutrisi dan fungsinya juga sudah mengalami perkembangan.

Pada saat ini banyak beredar pakan Lou Han yang mempunyai kandungan nutrisi tertentu maupun untuk meningkatkan kualitas fisik Lou han. Adapun jenis pakan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas fisik Lou Han adalah :

1. Pakan alami

Dalam pakan alami Lou han sebaiknya mengandung unsur lemak yang berfungsi untuk memacu pertumbuhan lou han dan juga sebagai sumber energi. Jenis pakan yang mengandung lemak ini sebagai contoh adalah cacing sutera sekitar 13-15% ataupun cacing darah atau blood worm yang mengandung 5-7% saja. Tetapi pemberian pakan yang mengandung lemak sebaiknya ditujukan pada Lou han yang sedang dalam masa pertumbuhan, karena jika terlalu banyak diberikan pada Lou han yang akan dikawinkan akan mempengaruhi kualitas dan jumlah telur yang akan dihasilkan.

Selain lemak pakan Lou han harus mengandung protein. Dan biasanya kandungan protein dalam pakan lebih banyak dibandingkan dengan kandungan nutrisi yang lain seperti lemak dan karbohidrat, hal itu dikarenakan protein memiliki peran yang besar pula. Contoh dari pakan alami yang mengandung protein adalah cacing tanah, cacing tanah mengandung protein sebesar 18,274%. Anakan lele di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur pun juga dijadikan pakan Lou han karena mengandung protein. Sedangkan di daerah Kalimantan tengah marak penggunaan anakan ikan haruan atau ikan gabus sebagi pakan Lou han juga dikarenakan kandungan proteinnya yang tinggi. Cacing rambut, artemia dan tubifex juga mengandung protein yang dibutuhkan Lou han. Jenis pakan alami lainnya adalah udang yang dapat dengan cepat membongsorkan tubuh Lou han, memunculkan warna merah (mengandung pigmen astaxanthin) dan memunculkan nonongnya. Di lapangan juga dijumpai penggunaan kelabang sebagai pakan karena ternyata berhasil memunculkan warna mutiara yang menyala, jangkrik juga diberikan pada Lou han karena berhasil menambah panjang sirip setelah pemberian beberapa hari.

2. Pakan buatan

Di pasaran banyak kita jumpai jenis pakan buatan untuk konsumsi Lou han yang berfungsi untuk memunculkan warna maupun mutiaranya. Khusus untuk warna merah, White Crane dengan produksinya jenis CR 6 mampu memberikan pengaruh warna secara instan. Di rekomendasikan cukup 3 hari warna merah menjadi merah menyala. Cara ini dapat digunakan untuk meningkatkan daya jual lou han yang masih kecil dikarenakan pembeli sangat menyukai Lou han yang sudah berwarna merah saat kecil. Untuk meningkatkan penampilan Lou han saat kontes pun dapat menggunakan cara ini.

Untuk memunculkan mutiara kita dapat menggunakan jenis CR 5, jenis ini menurut White Crane cocok untuk menumbuhkan segala warna. Selain warna tubuh lou han menjadi lebih bersih,cerah dan bersinar, dapat pula digunakan untuk memaksimalkan mutiara. Bagi anakan yang mutiaranya hanya separo bila diberi pakan yang dicampuri CR 5 maka mutiaranya dapat merata di sekujur tubuh. Selain itu warna tubuh Lou han yang kelihatan gelap bisa berubah menjadi bersih dan mengkilap.

Pakan jenis lain yang dapat digunakan sebagai pakan Lou han adalah produk yang bernama Magic Octopus. Produk ini dapat memunculkan warna dan mutiara pada lohan. Pellet ini terbuat dari bahan alamiah berupa hormon gurita yang sebelumnya telah digunakan untuk memunculkan warna pada ikan hias seperti parrot, cupang, diskus, dan sebagainya. Hormon ini juga tidak membuat ikan menjadi mandul atau terhambat pertumbuahnnya.

Beberapa produk lain yang banyak ditawarkan di pasaran antara lain :
- Phoenix lou han 4 in 1
- Chien ching
- Premix 13

Dimana produk diatas mempunyai fungsi umum yang sama yaitu sebagai :
- Growth enhancer : meningkatkan pertumbuhan
- Head huncher : membantu pembentukan nonong
- Color enhancer : mempercerah warna tubuh
- Anti stres : mencegah stres dan menjaga stamina

Sourche:  http://johnkelik.blogspot.com
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



0 Comment :

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry