Karakteristik Usaha Kecil dan Menengah

Karakteristik Usaha Kecil dan Menengah - Secara praktik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sering dikaitkan dengan usaha yang memiliki keterbatasan modal. Sering pula usaha ini dikaitkan dengan bisnis orang kecil (wong cilik). Ada lagi yang menyebutnya dengan istilah "bisnis kecil-kecilan". Walaupun demikian, tidak sedikit orang yang awalnya memulai bisnis kecil-kecilan kemudian berkembang dan sukses dari kegiatan usaha ini, tentu dengan kegigihan dan keterampilan sang pemiliknya.

Dilihat dari karakteristiknya, usaha kecil dan menengah dapat kita uraikan sebagai berikut:

1. Usaha Kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat yang memenuhi karakteristik:
  • Usaha yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,00 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  • Usaha yang memiliki paenjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00.
  • Usaha yang berdiri sendiri, bukan perusahaan atau cabang yang dimiliki, dikuasai atau berafiliasi baik secara langsung dengan usaha menengah atau skala besar.
  • Bentuk usaha yang dimiliki orang perorang, badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi.
2. Usaha Menengah adalah kegiatan ekonomi rakyat yang memenuhi kriteria:
  • Usaha yang memiliki kekayaan bersih lebih besar Rp. 200.000.000.00 sampai dengan paling banyak Rp. 10.000.000.000.00 tidak termasuk tanah dan bangunan usaha.
  • Usaha yang berdiri sendiri, bukan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau berafiliasi baik secara langsung dengan usaha menengah atau skala besar.
  • Bentuk usaha yang dimiliki orang perorang, badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi.
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



0 Comment :

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry