Ads 468x60px

Tips Mudah Memelihara Ikan Louhan

Tips Mudah Memelihara Ikan Louhan - Ikan Louhan (bahasa Inggris: Flowerhorn) diterbitkan dari bahasa Cina yaitu Lou Han. Luohan pertama kali muncul di Malaysia sekitar tahun 1996-1997.

Lou Han  merupakan  salah  satu ikan  hias  yang banyak digemari di Indonesia dan berasal dari keluarga  Cichlidae. Siklid   merupakan  keluarga besar  yang  terdiri  atas  ratusan  spesies. Perkawinan  silang  antar Lou Han  terbukti menghasilkan Lou Han yang cukup baik kualitasnya dengan ciri-ciri fisik tertentu, yaitu pada aspek warna, rajah dan keindahan bentuk. 

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perubahan warna ikan Louhan adalah dengan pemberian pakan buatan di samping faktor genetik ikan tersebut.

Dalam pemeliharaan, Lohan tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mahal terutama pada pemberian makanannya. Selain makanan alami yang mudah didapat (cacing, udang), ikan ini juga menyukai makanan buatan (pelet). 

1. Akuarium
Volume akuarium tergantung ukuran, ikan louhan kecil 5 - 7,5 cm bisa menggunakan akuarium 20x30 cm².. Ikan besar, 10-15 cm memerlukan akuarium lebih besar, 40x60 cm².  Louhan berukuran di atas 25 cm gunakan akuarium 60x120 cm². Agar Louhan berukuran 40 cm dapat bergerak bebas, akuarium yang dapat digunakan yakni ukuran 80x166 - 180 cm².

2. Pengisian Air
LouHan hidup baik pada suhu cukup hangat, 28-30 derajat Celcius. Air dingin dapat menyebabkan nafsu makan ikan kurang dan pertumbuhannya lambat.   

3. Pemberian Makanan
Cacing rambut, blood worm, udang tawar, dan cacing tanah adalah pakan terbaik. Untuk pemberian pelet dibiasakan sejak kecil.  

4. Perawatan
Bersihkan kotoran ikan yang ada di dalam akuarium selama 2-3 hari sekali untuk menjaga kesegaran air. Agar dinding tidak berlumut, dapat memelihara ikan Sapu-sapu, dengan ikan satu ini, ikan Louhan "segan" sehingga tidak menjahilinya.

5. Peralatan
Peralatan yang dibutuhkan dalam perawatan Louhan tidak jauh berbeda dengan ikan lain, diantaranya:
  • Aerator, untuk memasok oksigen / menciptakan gelembung
  • Filter, untuk menyaring kotoran dan memasok okigen
  • Selang penyedot air, yang digunakan untuk mengganti sebagian air atau mengganti total air dalam akuarium
  • Batu apung, untuk membersihkan kaca, kain lap dan lain-lain.
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



7 Comment :

abdillah fazri mengatakan...

kalo buat jenongin jidat nya gimana tuh gan ??..

Jon Milans mengatakan...

Biar jenong, tepuk2 aja jidatnya gan, haha kidding -:)

Yg bnr; agar jidatnya jenong, kasih makan cacing secara rutin sob.

Wergolboz ariez mengatakan...

klo warna nya biar cpet cerah itu gmn?

Jon Milans mengatakan...

Maksudnya biar warnanya cpt keluar gtu ya sob?

Klo ingin warnanya cpt keluar kasih makan udang atau pake pelet khusus utk lohan yg sdh tersedia di pasaran.

Tp klo ingin warnanya kelihatan cerah sebaiknya dipasang lampu yg berwarna pada akuariumnya dan jaga lohannya jgn sampe stres.

Zona Ikan mengatakan...

thanks gan udah kasih tau tips nya . ijin untuk referensi ..

Anonim mengatakan...

Punya bibit ikan louhan Ÿª♌g bagus ga ghan ...?

Dex Banner mengatakan...

Flowerhorn cichlids are ornamental aquarium fish noted for their vivid colors and the .... This type of flowerhorn is an original Luohan-based fish and not a mixed ...

Poskan Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry