Menghindari Kata yang Sama dalam Kalimat/Paragraf Saat Menulis Artikel

Belajar membuat artikel - Penguasaan kosakata yang tidak banyak, dapat menyulitkan seseorang untuk merangkai kalimat dalam menjelaskan sesuatu baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Kalimat yang dibuat dapat berisikan kata yang sama dan diulang-ulang. Akibatnya kalimat menjadi tidak efektif dan terkesan mubadzir.

Mengurangi penggunaan kata yang berlebihan dan berulang-ulang dalam kalimat sebenarnya dapat dihindari dengan pemakaian kata yang bersinonim. Sebagai contoh, perhatikan kalimat/paragraf berikut:

1a.
Polisi tidak mentoleransi adanya unjuk rasa saat pemilihan umum daerah berlangsung, yang pasti akan mengganggu jalannya pemilihan umum daerah tersebut. Setiap unjukrasa akan ditindak tegas oleh polisi, siapapun dan darimana pun unjuk rasa itu berasal. 

1b.
Aparat kemanan tidak mentoleransi adanya demonstrasi saat pemilihan umum daerah berlangsung, yang pasti akan mengganggu jalannya pemilihan umum daerah tersebut. Setiap aksi demonstrasi akan ditindak tegas oleh polisi, siapapun dan darimana pun aksi masa itu berasal. 

2a.
Akhir-akhir ini Blog menjadi populer layaknya email. Berbeda dengan website yang setiap akan memposting harus susah payah menggunakan kode seperti .html .php, .asp dan lain-lain. Blog ini merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tersebut. Oleh karena itu orang yang masih sedikit pengetahuan tentang teknologi internet pun dapat membuat artikel persis seperti kita mengirim email. 

2b.
Akhir-akhir ini Blog menjadi populer layaknya email. Berbeda dengan website yang setiap kali akan memposting harus susah payah menggunakan kode seperti .html .php, .asp dan lain-lain. Situs pribadi ini merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tersebut. Oleh karena itu orang yang masih sedikit pengetahuan tentang teknologi internet pun dapat membuat artikel semudah saat  kita akan mengirim surat elektronik.

Dari ke 2 contoh di atas, kita bisa tahu bahwa dengan pemakaian kata yang sepadan, kalimat menjadi tidak kaku dan lebih bervariatif.

Happy bloging, dan tetap semangat!! 
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



0 Comment :

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry