Tips Ampuh Mengatasi Cegukan / Singultus

Cegukan dalam bahasa inggris disebut Hiccup dan menurut istilah medis disebut Singultus. Cegukan biasanya disebabkan karena adanya kontraksi dari otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut, atau kerap disebut diafragma secara tiba-tiba dan terjadi secara involunter (tidak disadari). Penyebabnya biasanya karena gangguan pada organ-organ tubuh yang terletak di dekat diafragma seperti ketika perut dalam keadaan teregang sehabis makan besar atau minum alkohol berlebihan.

Pada saat merasakan cegukan tentunya sangat tidak nyaman apalagi bila kita sedang dalam sebuah acara yang banyak melibatkan orang lain seperti saat sekolah, kuliah, meeting dan lain-lain. Selain penderitaan yang kita alami, cegukan tentunya akan mengganggu orang lain.

Agar derita tidak berlanjut, berikut ini adalah 2 tips ampuh untuk mengatasi cegukan.   

Cara 1
  • Pada saat mulai cegukan, segeralah tarik nafas dalam-dalam dari hidung dan tahan beberapa saat
  • Setelah itu kemudian keluarkan dari mulut secara perlahan lewat mulut
  • Ulangi beberapa kali
  • Bila tidak terlambat melakukan tips ini biasanya 2-3 kali tarik nafas, cegukan sudah langsung hilang 

Cara 2 (ref: http://www.artiku.com/)
  • Ambil segelas air dingin/normal, jangan air panas atau air yang terlalu dingin lalu minum sampai mulut anda penuh (pipi mengembung), dan jangan ditelan. Tahan air yang diminum tadi dalam mulut.
  • Kemudian ambil posisi bediri, terus turunkan kepala anda seperti hendak mencium lutut (menunduk).
  • Langkah berikutnya adalah mulai tegakkan kembali badan anda perlahan-lahan sampai lurus sambil menelan air yang ada dimulut anda sedikit demi sedikit seirama dengan posisi tegaknya badan anda. jadi ketika anda tegak total air dimulut sudah tidak ada.
  • Rasakan efeknya
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



0 Comment :

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry