Shutdown pada komputer itu penting!

Gak enak banget kan ketika sedang asik-asiknya ngeblog atau sedang serius mengerjakan tugas tiba-tiba komputer kita mati secara mendadak. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa karena software, prosesor atau harddisk komputer kita yang mengalami gangguan/kerusakan.

Kerusakan komponen pada komputer bisa saja terjadi karena memang kualitasnya yang kurang baik atau mungkin cara kita memperlakukan komputer dengan cara yang tidak hati-hati. Salah satunya yaitu mematikan komputer secara langsung mematikan stop kontak tanpa melalui proses shutdown.

Tanpa bermaksud menakut-nakuti, berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang akan terjadi pada komputer kesayangan anda bila sering mematikan komputer tanpa shutdown:  

1. Pada saat proses Shutdown komputer akan meregistrasi ulang komponen komputer yang terpakai (digunakan) dan software serta data yang dipakai atau yang di delete. Kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka komponen atau software serta data yang digunakan tidak dapat disimpan kedalam registri, sehingga bila terjadi masalah pada komputer maka komputer tidak dapat menjalankan system recovery berdasarkan tanggal atau waktu yang di tetapkan.

2. Pada saat proses Shutdown, processor memberikan perintah kepada Bios untuk menghentikan segala pekerjaan- pekerjaan komponen peralatan, sehingga arus atau daya yang terpakai diputus secara normal. Tapi kalau kita mematikan langsung maka komponen komputer secara mendadak mati tanpa pemutusan arus secara normal sehingga lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan pada komponen komputer.

3. Pada saat proses Shutdown fan/kipas komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses pendinginan processor, kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka pendinginan processor tidak bekerja secara normal maka lama-kelamaan processor bisa rusak.

4. Pada saat proses Shutdown system memory akan dikosongkan, sehingga pada saat komputer dipakai lagi maka memory sudah benar-benar dalam keadaan refresh, kalau kita mematikan komputer secara langsung maka besar kemungkinan memory bisa rusak.

5. Pada saat proses Shutdown Harddisk bekerja untuk menyimpan data yang diperintahkan Processor serta menyalin data komponen serta software kedalam registry komputer, kemudian head Harddisk akan kembali ke posisi awal (ke posisi tidak membaca hard disk). Kalau kita mematikan komputer secara langsung maka selain data komponen dan software tidak tersimpan pada registry, juga posisi head Harddisk berada di tengah-tengah silinder Harddisk, sehingga pada saat dihidupkan kembali komputer dapat merusak silinder Harddisk sehingga terjadi Bad sector Harddisk dan kemungkinan MBR Harddisk akan rusak, lama kelamaan akan menyebabkan Harddisk rusak.

Dengan perlakuan yang benar, semoga komputer kita tetap setia menemani pekerjaan kita di rumah tanpa gangguan yang memusingkan kepala.***
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



0 Comment :

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry