Cara Menghemat Battery BlackBerry 10

Cara Menghemat Battery BlackBerry 10 - Smart Phone memiliki banyak fitur dan keunggulan dibandingkan Ponsel biasa, namun dengan kelebihan yang dimiliki smart phone akan menguras daya battery lebih banyak termasuk SmartPhone BlackBerry. Pada kondisi tertentu kita sangat membutuhkan alat komunikasi namun sangat perlu penghematan battery karena keterbatasan akses untuk men-charge, seperti dalam kondisi bepergian atau pada saat kondisi mati lampu. Namun penghematan battery juga kadang dibutuhkan untuk mengurangi frekuensi charging yang terlalu sering.

Berikut ini saran-saran yang mungkin dapat dilakukan untuk menghemat battery di BlackBerry 10 (Z10, Z3 dll.), namun bukan berarti harus mematikan fungsi utama dari sebuah ponsel ataupun meninggalkan fungsi-fungsi yang sangat diperlukan :

1. Kurangi Pencahayaan layar dan timeout periode di percepat, karena pencahayaan layar merupakan salah satu konsumsi daya terbesar. Cara untuk mengatur ini adalah masuk ke menu Setting terus pilih display. Turunkan brightness ke posisi yang masih layak menurut anda, kemudian setting timeout lebih cepat dari 30 detik.

2. Menurunkan level suara musik, dan lebih baik untuk menggunkan headset saat mendengarkan musik karena konsumsi dayanya lebih kecil jika menggunakan headset.

3. Flash camera dimatikan, flash atau cahaya yang sangat terang yang dihasilkan membutuhkan konsumsi daya yang cukup besar, maka mematikan flash bisa menghemat battery, namun resiko bila tidak menggunakan flash adalah gambar jadi lebih gelap jika kita mengambil gambar di ruangan atau area yang kurang cahaya. Namun balik lagi ke kita apakah menghemat battery lebih penting ataukah hasil gambar yang lebih penting pada saat itu.

4. MatikanWireless koneksi yang tidak perlu, koneksi Wi-fi, Bluetooth, NFC ataupun mobile hotspot walaupun tidak digunakan namun beberapa saat sekali melakukan scanning dan menarik daya. Dengan mematikan koneksi yang tidak perlu dan tidak digunakan akan meghemat daya battery.

5. Matikan notifikasi untuk aplikasi-aplikasi tambahan seperti notifikasi untuk reminder, facebook, twitter dan lainnya, Untuk aplikasi-aplikasi yang anda anggap tidak perlu maka notifikasi suara, vibrate dan LED bisa dimatikan. Untuk mematikan ini caranya masuk ke setting dan pilih notification, kemudian pilih aplikasi yang akan dimatikan kemudian matikan notifikasi suara, vibrate dan LED.

6. Matikan key tone, suara yang dihasilkan oleh perangkat memerlukan daya walaupun tidak sebesar fitur yang lain, namun tanpa key tone pun tidak menurunkan fungsi dari keypad , tidak ada efek yang berarti ketika mematikan keytone dan justru ini akan menghemat daya battery. Untuk mematikan keytone masuk ke menu setting dan pilih Language and Input, dibagian bawah pilih On-Screen Keyboard dan di tampilan Bar Keypad Feedback Volume, geser ke posisi terrendah (kekiri)

7. Matikan Aplikasi yang tidak terpakai, BlackBerry 10 memiliki kemampuan multi tasking sehingga memungkinkan beberapa aplikasi bekerja di belakang layar dan setiap aplikasi yang berjalan akan mengkonsumsi daya battery, maka untuk menghemat ini matikan aplikasi yang tidak digunakan atau tidak terlalu penting. Untuk memastikannya bisa di lihat di halaman active aplikasi, cek apakah masih ada aplikasi yang masih terbuka.

8. Set perangkat pada posisi Bed side mode dengan tampilan jam, posisi ini akan memberitahukan perangkat bahwa perangkat tidak digunakan (ditinggal tidur pengguna) sehingga akan mematikan beberapa fitur secara otomatis. Untuk men-set ke posisi dari posisi standbay swipe dari atas ke bawah yang akan menampilkan tampilan jam, atau tekan tombol power dua kali setelah tampilan standby swipe dari atas ke bawah.

9. Matikan paket data jika pulsa atau paket sudah habis atau bila tidak digunakan, bila paket data atau pulsa sudah habis indikator jaringan akan ke posisi huruf kecil (g, e, 3g) namun perangkat berusaha untuk mengecek ketersediaan paket data sehingga berubah ke huruf besar (G, E, 3G), karena pulsa atau paket tidak mencukupi maka berubah ke huruf kecil kembali. Ini akan terus terjadi pengulangan dan memakan konsumsi battery. Maka bila paket data tidak mencukupi lebih baik dinonaktifkan. Cara untuk menonaktifkannya masuk ke menu setting, Network connections, dan pilih mobile Network kemudian pada bagian Data Service rubah ke posisi OFF.

Juga versi Software dapat mempengaruhi performance dari battery, maka lakukan Upgrade BlackBerry 10 anda ke versi terbaru. Di atas adalah saran untuk menghemat daya battery namun pada kondisi tertentu beberapa saran tidak dapat dilakukan karena faktor kepentingan. Maka kembali lagi kepada anda seberapa penting fitur yang harus dijalankan dibandingkan kepentingan penghematan battery.

Sumber: http://mybb10.blogspot.com
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



0 Comment :

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry