Peralatan untuk Memelihara Arwana dalam Akuarium

Peralatan untuk Memelihara Arwana dalam Akuarium - Arwana merupakan ikan hias yang banyak digemari hingga saat ini. Bagi yang telah lama memilikinya mungkin paham benar dengan perawatan ikan cantik yang satu ini. Namun bagi yang baru atau berniat memeliharanya, tak jarang para hobbies masih dilanda kebingungan dengan peralatan yang harus dimiliki agar kesayangan kita ini mendapatkan perlakuan yang baik dari pemiliknya.

Jika perawatan untuk ikan hias lain umumnya hampir sama pada ikan besar dan kecil, maka pada ikan arwana kita harus lebih teliti mengingat sifat arwana kecil dan arwana besar itu berbeda. Sifat dari arwana yang berukuran besar antara lain gerakannya yang sangat aktif dan kuat. Oleh karena itu, sebaiknya akuarium yang disediakan hendaklah bersih dari pernak-pernik yang biasa kita pasang pada akuarium yang berukuran kecil. Usahakan yang terpasang dalam akuarium untuk arwana dewasa hanyalah pipa filter.


Perlengkapan yang perlu kita miliki untuk merawat ikan arwana baik untuk arwana berukuran kecil maupun yang telah dewasa (besar), beberapa diantaranya adalah:

1. Aerator
Aerator ialah alat yang berguna untuk memasok oksigen dalam akuarium dan mengusir karbondioksida. Alat ini sebaiknya kita gunakan berukuran cukup besar agar berfungsi dengan baik.

Seiring berjalannya waktu, aerator tidak lagi menjadi alat pemasok oksigen utama. Hal ini disebabkan karena telah adanya alat pengganti yang lebih efektif yaitu filter. Aerator sendiri berubah fungsi menjadi hiasan untuk menciptakan gelembung dalam air.

2. Filter
Filter untuk arwana berukuran kecil umumnya menggunakan filter tempel atau filter gantung. Sedangkan untuk arwana dewasa sebaiknya dibuatkan filter bawah yang didesain khusus di bawah akuarium. Dari beberapa toko ikan hias yang saya kunjungi umumnya mereka telah menyediakan jenis akuarium seperti ini dengan berbagai bentuk dan ukuran.

3. Termometer
Peralatan selanjutnya yang perlu dimiliki bagi para penggemar arwana adalah termometer. Ini berguna untuk mengantisipasi penurunan suhu. Jika arwana berada dalam air yang terlalu dingin bisa menyebabkan gangguan yang tidak kita harapkan. Diantaranya; sungut lunglai, sirip kuncup dan lain-lain. Untuk arwana yang berukuran kecil, pasanglah termometer dengan cara menempelkannya pada bagian dalam akuarium. Sedangkan untuk arwana dewasa sebaiknya tidak meletakannya dalam akuarium secara permanen. Lakukan pengecekan secara berkala.

4. Heater
Untuk menjadikan suhu air tetap stabil baik pada cuaca panas maupun hujan, kita bisa menggunakan alat yang disebut heater. Untuk arwana kecil kita bisa memasangnya dalam akuarium namun untuk arwana dewasa sebaiknya dipasang pada unit filter.

5. Lampu
Untuk mempercantik arwana pada kilauan sisiknya, kita bisa memasang lampu khusus untuk akuarium. Jenis dan warnanya bisa kita sesuaikan dengan selera masing-masing. Yang sering digunakan adalah jenis lampu ultraviolet, namun ada juga yang menggunakan lampu berwarna biru.

6. Peralatan lainnya
Peralatan lain yang dibutuhkan dalam perawatan arwana diantaranya: selang penyedot air yang digunakan untuk mengganti sebagian air atau mengganti total air dalam akuarium, batu apung untuk membersihkan kaca, kain lap dan lain-lain.


Semoga informasi ini berguna untuk kenyamanan arwana anda, salam...
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



0 Comment :

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry