Pages

Plus Minus Web Browser Mozilla Firefox

Bagi yang terbiasa menggunakan internet, tentunya semua sudah tahu keunggulan dari web browser Mozilla Firefox dibandingkan dengan web browser lain. Bagi yang belum pernah atau jarang menggunakan firefox, ada baiknya mencoba menggunakannya sebagai default dari web browser yang anda miliki.

Beberapa keunggulan dan alasan kenapa harus menggunakan Firefox sebagai web browser saat surfing di internet adalah sebagai berikut : 

1.  Standard Compliant 

Dukungan rendering dari Gecko yang telah berstandard W3C (Badan yang mengurusi perkembangan aplikasi web) menjadi bagian penting dari firefox. Kode dan cara penggunaannya memudahkan seorang developer web untuk membangun website bagi firefox. 

2. Tersedia dalam berbagai platform OS 

Tidak perlu dipungkiri lagi, karena firefox merupakan apliaksi open source, aplikasi ini tersedia untuk berbagai platform, mulai dari Windows, Linux maupun Mac OS X. 

3. Mencegah adanya kegiatan phishing ke komputer anda 

Phishing merupakan upaya seseorang untuk mencuri identitas pribadi yang anda miliki yang biasanya anda masukkan pada komputer. Data-data yang dicuri biasanya berupa mail, password, nomor telephone, nomor rekenng bank, paypal dan data penting lain yang anda miliki.

Firefox menyimpan banyak database website phishing yang akan menyerang anda. Jadi jika secara kebetulan anda mengunjungi situs tersebut, firefox akan memperingatkan anda untuk tidak mengunjunginya. 

4. Memiliki Tab yang maksimal. 

Meskipun pada IE versi baru menyediakan Tab sebagai default navigasinya, namun Tab di firefox masih lebih baik karena dapat bekerja secara mumpuni. Anda dapat memilih, memindah, menggeser ataupun membuka pada jendela baru dan meninggalkan window lama jika menginginkannya.

5. Banyak Add-on yang bisa diintegrasikan. 

Poin ini yang paling membedakan firefox dengan web browser seperti IE. Anda bisa menambahkan berbagai macam Add-on yang akan menambah fungsionalitas dari firefox itu sendiri. Bahkan ada yang bilang, firefox adalah bagian kecil dari Add-on karena tanpa Add-on, firefox tidak akan menjadi web browser terbaik.

6. Bisa Dijadikan Aplikasi Portable. 

Jika anda sering berganti-ganti perangkat komputer, tersedia aplikasi portable firefox yang bisa diinstall di flash disk. Tidak perlu melakukan install tiap berganti komputer karena firefox sudah ada di flash disk. ***

Setelah mengulas beberapa kelebihan dari mozilla firefox, seperti kata pepatah yang menyatakan bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Begitupun dengan web browser yang satu ini. Berikut ini beberapa kelemahan yang masih dirasakan namun tidak perlu khawatir, karena kita masih bisa mengantisipasinya: 

1. Start-up time lebih lama. 

Memang benar, jika kita banyak menambahkan Add-on, aplikasi ini menjadi berat saat baru pertama loading. Untuk mengatasinya, coba disable add-on yang jarang digunakan. Jangan di uninstall karena mungkin suatu hari anda membutuhkannya lagi. 

2. Add-on yang tidak berfungsi. 

Ketika firefox versi baru dirilis, banyak add-on yang tidak berfungsi karena perbedaan engine dari firefox sebelumnya. Kalau ini hanya tinggal menunggu waktu saja karena pihak developer add-on dalam waktu dekat akan merilis versi update dari add-on yang mereka buat.

3. Crash saat loading.

Hal ini biasanya terlalu banyak Add-on yang dinstall atau anda mengunakan firefox versi lama. Anda bisa mengatasipasinya dengan menguninstall add-on atau menginstall firefox versi terbaru.

Kesimpulan saya: 
Walaupun masih terdapat kekurangan, secara keseluruhan Mozilla Firefox Oke!! 

Untuk download Mozilla Firefox klik disini
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini:



1 Comment :

Mohamad Borneafandri Abulga mengatakan...

Sayangnya akhir-akhir ini firefox saya tidak bekerja dengan baik saat digunakan untuk load beberapa website yang menggunakan css3 dan web responsive.Hanya chrome saja yang dapat bekerja maksimal

Posting Komentar

Bahasa dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
Bagi yang ingin promosi web, blog dan atau mendapatkan backlink dari blog ini, telah disediakan tempat khusus. Klik DISINI

 

Info Olahraga

Info Komputer

Info Blackberry